Selasa, 14 Februari 2012

GEREJA KATEDRAL MAKASSAR ADALAH GEREJA TERTUA DI SULAWESI.








KOTA Makassar memiliki prestasi baik dalam hal toleransi beragama. Meskipun mayoritas warga kota ini adalah muslim, tetapi umat Kristiani tetap tumbuh subur. Gereja Katedral Makassar adalah gereja tertua di Sulawesi dan sekaligus menjadi simbol dari toleransi itu.

Gereja Katedral Makassar merupakan salah satu cagar budaya bersama beberapa bangunan lainnya yang masih dipertahankan keaslian bentuknya seperti saat pertama dibangun. Gereja ini menempati sebuah lokasi yang asri dengan kerimbunan pohon di sisi barat Lapangan Karebosi.


Nama resminya adalah Gereja Hati Kudus Yesus. Ini adalah gereja gereja tertua di kota Makassar dan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara. Bangunannya condong berarsitektur Eropa Gothik. Karya seorang perwira zeni bernama Swartbol. Namun ketika bangunan belum rampung Swartbol berangkat ke Eropa. Ia digantikan S Fischer, seorang ahli pengairan.

Gereja ini, dan lingkungan sekitarnya, sangat terawat dan bersih.Siap menerima siapa pun yang berkunjung untuk menyaksikan keindahan interior gaya gothiknya yang unik dan megah. Gereja ini menjadi pusat dari kegiatan umat Kristiani setiap tahun, seperti Natal Oikumene. Di bagian belakang gereja ini sekarang berdiri sebuah sekolah.

Gereja ini memiliki tiga buah lonceng pemberian Mr.Scharpf pada tahun 1923. Lonceng itu diletakkan dalam sebuah menara di sisi selatan bangunan gereja. Menara itu sendiri telah mengalami perombakan berkali-kali dengan pertimbangan estetika.

Lokasi Obyek
Gereja Katedral Makassar terletak di Jl Kajaolalido. Lokasinya tepat di jalan sisi barat Lapangan Karebosi.

Akses ke Lokasi
Gereja Katedral Makassar dapat diakses dari Lapangan Karebosi dengan berjalan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar