Selasa, 14 Februari 2012

CHINA TOWN YANG TERDAPAT DI KOTA MAKASSAR



Print E-mail



SEPERTI kota-kota lain di dunia, Makassar juga memiliki sebuah kawasan bernama China Town. Biasa juga disebut pecinan. Di kawasan inilah digelar pesta rakyat dalam perayaan besar Cap Go Meh setiap tahun. Berbagai atraksi dan kesenian khas China dapat disaksikan di sini.

China Town Makassar terletak di tengah Kota Makassar. Terbagi dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Gerbang China Town hanya berjarak 400 meter dari pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi)

China Town meliputi wilayah seluas 44 hekater lebih. Kawasan China Town berada di seberang Pelabuhan Makassar. Selain sebagai sebuah enclave dengan segala macam ciri khas di dalamnya, China Town memberikan sedikit sentuhan kosmopolit kepada Kota Makassar.

Sekilas, kawasan ini tidak tampak menonjol. Namun demikian, kawasan ini telah ditetapkan sebagai salah satu obyek wisata pada masa kepemimpinan Wali Kota Makassar Amiruddin Maula. Salah satu penandanya adalah sebuah gerbang berarsitektur khas China.

Terdapat tiga klenteng dengan nuansa China yang cukup kental di dalamnya. China Town terbentuk blok-blok pemukiman. Di pemukiman pula para pendatang China mendirikan usaha seperti toko, bengkel, atau rumah makan. Karena itu pula kawasan ini kaya dengan kuliner China.

Tidak ada catatan resmi sejak kapan pendatang China tiba di Makassar. Yang jelas, penduduk masih mempertahankan hal-hal yang khas seperti karnaval Imlek dan Cap Go Meh. Karnaval meriah ini menjadi agenda tahunan yang menarik banyak perhatian wisatawan.

Akses ke Lokasi
Karena letaknya dekat dengan pusat kota, China Town dapat diakses dengan mudah. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum, taksi, atau becak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar